Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sipil
https://jtrs.ejournal.unri.ac.id/index.php/jtrs
<p><strong>Jurnal</strong> <strong>Teknologi dan Rekayasa Sipil</strong> <strong>(JTRS)</strong> merupakan jurnal peer review open access yang terbit 2 kali dalam setahun, pada bulan <strong>Juli</strong> dan <strong>November</strong> oleh Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Riau. Jurnal memediasi hasil kajian dan penelitian dengan <strong>topik/scope</strong>:</p> <ul> <li>Rekayasa struktur</li> <li>Rekayasa geoteknik</li> <li>Rekayasa transportasi</li> <li>Rekayasa sumber daya air</li> <li>Rekayasa dan manajemen konstruksi</li> <li>Rekayasa lingkungan pada sistem teknik sipil</li> <li>Rekayasa mekanikal pada sistem teknik sipil</li> <li>Rekayasa elektrikal pada sistem teknik sipil</li> <li>Rekayasa utilitas pada sistem teknik sipil</li> <li>Rekayasa teknologi informasi pada sistem teknik sipil</li> <li>Rekayasa kebencanaan pada sistem teknik sipil</li> <li>Rekayasa keberlanjutan pada sistem teknik sipil</li> </ul> <p><strong>Artikel </strong>dapat berupa hasil:</p> <ul> <li>Penelitian Teoritis dan Ekperimental (Theoritic Article)</li> <li>Studi empirik (Empirical Studies)</li> <li>Studi kasus (Case Studies)</li> <li>Tinjauan pustaka (Literature Reviews) </li> </ul> <p><strong>Author information untuk submit article:</strong></p> <ul> <li>Registrasi pada portal JTRS</li> <li>Submit Manuscript menggunakan template JTRS</li> <li>Minimum artikel menggunakan 20 referensi</li> <li>Maksimum jumlah halaman 15 halaman</li> <li>Artikel dapat dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris</li> <li>Maksimum durasi processing submit hingga <em>accepted</em> 3 minggu</li> </ul> <p><strong>Contact person: </strong>WA 081223425607</p>en-US[email protected] (JTRS)[email protected] (Department of Civil Engineering)Mon, 21 Jul 2025 04:35:22 +0000OJS 3.3.0.10http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Analisis Empiris Penurunan dan Daya Dukung Batas dengan Metode Static Loading Test (SLT)
https://jtrs.ejournal.unri.ac.id/index.php/jtrs/article/view/61
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai perunanan dan kapasitas daya dukung batas tiang tunggal dengan memakai metode Static Loading Test (SLT). Studi ini didorong oleh pentingnya data empiris dalam merancang fondasi yang aman dan efisien, terutama pada jenis tanah yang kompleks dan heterogen. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental lapangan, dimana data beban dan settlement diambil secara langsung dari hasil SLT. Analisis dilakukan terhadap kurva beban-penurunan untuk menentukan besarnya penurunan dan nilai daya dukung ultimate. Penelitian dilakukan terhadap 2 (dua) tiang uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiang 1 mengalami penurunana sebesar 15.490 mm dan tiang 2 sebesar 19.653 mm pada beban 200% , dan nilai kapasitas daya dukung batas pada tiang 1 berdasarkan metode Mazurkiwiecz sebesar 211 kN dan metode Chin sebesar 210 kN serta pada tiang 2 berdasarkan metode Mazurkiwiecz dan metode Chin sebesar 210 kN. Nilai kapasitas daya dukung batas dan penurunan pada tiang ini menegaskan keandalan SLT sebagai alat evaluasi performa dalam kondisi lapangan nyata, serta mengisi kekosongan data lokal yang selama ini menjadi hambatan dalam desain fondasi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pedoman teknis perencanaan fondasi berbasis data aktual dan mendorong penerapan metode evaluatif yang lebih tepat guna di sektor konstruksi.</p>Muhardi, Alex Kurniawandy, Vasha Hotmaris Parulian, Alfadhella Ridwan, Khairunnas, Yose Inanda
Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sipil (JTRS)
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0
https://jtrs.ejournal.unri.ac.id/index.php/jtrs/article/view/61Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000Model Numeris Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Berdasarkan MKJI 1997
https://jtrs.ejournal.unri.ac.id/index.php/jtrs/article/view/57
<p><em>A numerical model of signalized intersection performance analysis based on the Highway Capacity Manual of Indonesian 1997 (MKJI 1997) is required to calculate the performance of signalized intersections in the effective and efficient manner. The modeling is formed by algorithmising the process of calculating the performance of signalized intersections based on MKJI 1997. The issue that affects the making of this model is the difference in the results of calculating the performance of the intersection using the KAJI application with manual calculations. This is caused by differences in each parameter which results in significant differences in results. Methods used to create a signalized intersection performance analysis program are validating three cases in MKJI 1997 and simulating two cases of previous research. The results of the validation of the numerical model that has been made against the three cases of MKJI 1997 obtained a delay value with an average percentage error of 1.26%. While the simulation results of two previous research cases obtained a delay value with an average percentage error of 2.74%. These results show that the average percentage error obtained is <10%, so the results of calculations using the program are categorized as very good.</em></p>Muhammad Shiddiq Firman Abdullah, Edi Yusuf Adiman Adiman, Mudjiatko, Muhammad Rilly Aka Yogi
Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sipil (JTRS)
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0
https://jtrs.ejournal.unri.ac.id/index.php/jtrs/article/view/57Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000Analisis Karakteristik Parkir dan Pemodelan Kebutuhan Parkir di Fakultas Teknik Universitas Riau
https://jtrs.ejournal.unri.ac.id/index.php/jtrs/article/view/62
<p>Fakultas Teknik Universitas Riau sebagai pusat pendidikan tentunya telah menyediakan fasilitas parkir untuk para civitas akademika. FT-UNRI mengalami peningkatan jumlah civitas akademika yang dimulai sejak adanya penambahan jurusan dan prodi baru. Peningkatan jumlah tersebut menyebabkan fasilitas parkir yang ada tidak memadai, hal ini dibuktikan dengan terdapat masalah pada fasilitas parkir yang tersedia seperti kendaraan yang parkir di luar petak parkir yang tersedia dan kendaraan yang parkir tidak tertata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat karakteristik lahan parkir yang tersedia untuk nantinya dapat dilakukan upaya optimasi serta mendapatkan pemodelan untuk menghitung kebutuhan parkir sepeda motor dan kendaraan roda empat di FT-UNRI. Hasil analisis karakteristik parkir mobil terdapat indeks parkir sebesar 130,59% hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan parkir melebihi kapasitas normal, untuk sepeda motor indeks parkir maksimum sebesar 78,94% hal ini menunjukkan bahwa fasilitas parkir memadai, namun kenyataan dilapangan masih terdapatnya kendaraan yang parkir di luar tempat yang disediakan. Model kebutuhan parkir sepeda motor adalah Y<sub>1</sub> = -29,730 + 0,593 X<sub>1</sub> + 6,129 X<sub>8</sub> dan untuk parkir mobil adalah Y<sub>2</sub> = -9,128 + 0,068 X<sub>4</sub> + 0,422 X<sub>8</sub>. Kebutuhan parkir tahun 2022 untuk sepeda motor sebanyak 2441 SRP (Satuan Ruang Parkir) dan untuk mobil adalah sebanyak 128 SRP.</p>Leo Sentosa, Khairul Amri, Mardani Sebayang, Ismeddiyanto, Iskandar Romey Sitompul, Syawal Satibi
Copyright (c) 2025
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0
https://jtrs.ejournal.unri.ac.id/index.php/jtrs/article/view/62Sun, 29 Jun 2025 00:00:00 +0000